Penatalaksanaan diet diare pada anak pdf

Individu yang mengalami diare berat dapat meninggal akibat syok hipovolemik dan kelainan elektrolit. Umur Kebanyakan episode diare terjadi pada dua tahun pertama kehidupan. Gejala Klinik Diare Mula-mula bayi atau anak menjadi cengeng, gelisah, suhu badan mungkin meningkat, nafsu makan berkurang atau tidak ada kemudian timbul diare.

Referat Diare Akut Pada Anak

Faktor malabsorbsi, malabsorbsi karbohidrat, misalnya disakarida intoleransi laktosa, maltosa, dan sukrosamonosakarida intoleransi glukosa, fruktosa, dan galaktosa ; Malabsorbsi lemak dan Malabsorbsi protein.

Di samping itu diare juga merupakan merupakan penyebab kematian yang penting di negara berkembang. Resiko tinggi gangguan tumbuh kembang berhubungan dengan BB menurun terus menerus.

Keadaan ini terutama terdapat pada bayi dan anak berumur dibawah 2 tahun. Pada beberapa tempat shigellosis yaitu salah satu penyebab diare merupakan penyakit endemik, infeksi berlangsung sepanjang tahun, terutama pada bayi dan anak-anak yang berumur antara 6 bulan sampai 3 tahun.

Faktor kausal yang mempengaruhi patogenesis antara lain adalah daya lekat dan penetrasi yang dapat merusak sel mukosa, kemampuan memproduksi toksin yang mempengaruhi sekresi cairan di usus halus. Papaverin, opium, loperamide 3. Tunjukkan pada ibu cara memberi larutan oralit pada anak, satu sendok teh setiap 1 — 2 menit jika anak berumur di bawah 2 tahun; dan pada anak yang lebih besar, berikan minuman oralit lebih sering dengan menggunakan cangkir.

Pemberian makan dan minum tetap dilanjutkan. Anak yang mendapatkan ASI eksklusif perlu mendapatkan oralit yang dapat diberikan menggunakan sendok. Zinc ini penting untuk membantu penyembuhan selama diare serta mencegah timbulnya diare berikutnya.

Para pengasuh anak-anak yang masih muda juga harus diajarkan tentang praktek-praktek cara pemberian makanan dan kebersihan yang dapat mengurangi morbiditas diare.

Setelah pemberian cairan yang pertama, kita harus melakukan evaluasi terutama denyut nadi radial. Pedoman Diagnosa dan Terapi.

Artikel Kedokteran: Patofisiologi, Gejala Klinik dan Penatalaksanaan Diare

Gejala muntah dapat terjadi sebelum atau sesudah diare. Artikel Kedokteran: Sampai saat ini penyakit diare atau juga sering disebut gastroenteritis, masih merupakan salah satu masalah kesehatan utama dari masyarakat di Indonesia.Pada dasarnya mekanisme terjadinya diare akibat kuman enteropatogen meliputi penempelan bakteri pada sel epitel dengan atau tanpa kerusakan mukosa, invasi mukosa, dan produksi enterotoksin atau sitotoksin.

penatalaksanaan diare akut pada lansia

Satu bakteri dapat menggunakan satu atau lebih mekanisme tersebut untuk dapat mengatasi pertahanan mukosa usus. PENATALAKSANAAN PENATALAKSANAAN DIARE AKUT PADA LANSIA A.

Diare Akut 1. Definisi Diare berasal dari bahasa Yunani dan Latin: dia, dia, berarti melewati dan rheein, rheein, yang artinya mengalir atau lari. 1 Diare didefinisikan sebagai buang air besar dengan konsistensi lunak atau cair tiga kali atau lebih dalam 24 jam, dan sekali atau lebih Author: Fitriani Ikhsaniatun.

Makalah Askep Diare Diare Pada Anak Published by admin on May 26, | 0 Comment DIARE DEFINISI Diare adalah buang buang air besar (defekasi) dengan jumlah yinja yinja yang lebih banyak dari dari biasanya (normal cc/jam tinja). lebih buruk lagi karena pada diare tubuh akan kehilangan nutrien, anak-anak dengan diare mungkin merasa tidak lapar serta ibu tidak memberi makan pada anak ketika mengalami diare (WHO, ).

Diare merupakan keluhan yang sering ditemukan pada anak-anak. Diperkirakan pada anak setiap tahunnya mengalami diare akut atau gastroenteritis akut sebanyak kasus.

Diare Akut Pada Anak (Pedoman Tatalaksana Diare Akut dari WHO)

Diperkirakan pada anak setiap tahunnya mengalami diare akut atau gastroenteritis akut sebanyak kasus. Pada 3 jam pertama, beri anak larutan oralit dengan perkiraan jumlah sesuai dengan berat badan anak (atau umur anak jika berat badan anak tidak diketahui), seperti yang ditunjukkan dalam bagan 15 berikut ini.

Namun demikian, jika anak ingin minum lebih banyak, beri minum lebih banyak.

Penatalaksanaan diet diare pada anak pdf
Rated 5/5 based on 42 review